Breaking News

Ciri kantin sehat menurut Yupi Anita dari DINKES.



Beliau ini di  dinas di kenal sebagai pemeriksa kantin yang sehat juga sebagai pengawas dari kelayakan sekolah Adi wiyata. Menurut ibu Yupi Kantin sehat harus memenuhi kriteria yang telah di tetapkan dari dinas pendidikan
1. Bangunan 
 Bangunan disini lebih merupakan sarana yang penting untuk penyajian  meliputi makanan siap saji dan tempat makanan kemasan
2. Tempat sampah
Ini juga harus di perhatikan dari pihak sekolah untuk menyediakan tempat sampah yang harus tertutup untuk menghindari bau dan lalat yang hinggap di makanan dan beterbangan di lingkungan kantin yang nantinya bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. 
3. Sudah pernah ikut diklat dari dinas kesehatan
Pengelola kantin di upayakan sudah ikut diklat kesehatan tentang pengelolaan kantin sehat. Ini merupakan sarana untuk memantau bagi pengelola kantin agar terjaga dalam mengelola kantin dan menjaga kesehatan
4. Makanan yang di jual
 Adapun ragam jenis makanan kemasan yang di bolehkan harus ada ijin legal untuk mengetahui kesehatan dan tingkat kadaluara untuk menghindari tindakan keracunan. 
Namun untuk makanan ini dari dinas kesehatan memberi masukan untuk jajanan khas seperti nogo sari, cenil, kicak, dan lain lain dalam penyediaan kantin bisa kerja sama dengan mitra lain. 
Ada masukan lain dari dinas kesehatan yang menggunakan uang khusus yang di keluarkan dari pihak sekolah untuk berbelanja di kantin sekolah. 
Karna kantin sekolah merupakan sarana yang di pandang penting maka di wajibkan bagi sekolah di upayakan menyediakan kantin yang sehat.karna dengan adanya kantin yang sehat akan sangat mempengaruhi kesehatan siswa guna menunjang proses belajar mengajar. 


.... semoga harapan ibu yupi ini bisa terlaksana dan bisa di wujudkan di sekolah sekolah...... tim publikasi.. 

No comments